YR

Hidup Penuh Keberhasilan PDF Print E-mail
Written by Paulus
Tuesday, 08 July 2008 07:00

Pdt. K.A.M Yusufroni
Crusade I SPGI 2008
Graha Bethany Nginden

Ayat Bacaan : Mazmur 20:1-10

Yang melatar belakangi penulisan Mazmur 20 yaitu ketika Daud hendak berperang melawan dua kerajaan yaitu kerajaan Aram dan Arab. Dimana saat itu Daud menghadapi musuh yang sangat kuat. Seperti yang telah dijelaskan pada 2 Samuel 10:6-10. Dan kekuatan Daud benar-benar di bawah kekuatan musuh (1 Tawarikh 19:7). Secara manusia untuk memperoleh kemenangan sangat mustahil karena peperangan ini tidak seimbang. Namun satu hal yang Daud percaya bahwa kemenangan atau keberhasilan ada ditangannya, sebab Daud tahu kemana ia harus mengadu dan berharap. Daud hanya berharap kepada Tuhan yang menciptakan langit dan bumi. Allah yang berkuasa baik di bumi maupun di sorga.

Saudara, bukankah keberadaan kita kadang-kadang seperti Daud yang mengalami tekanan yang begitu berat dan menghadapi jalan buntu, sehingga membuat kita putus asa. Tetapi melalui peristiwa yang dialami oleh Daud biarlah kita belajar untuk tetap percaya bahwa Allah dipihak kita dan sanggup melepaskan kita dari segala persoalan atau pergumulan.

Apabila kita perhatikan ayat ke-2 pada Mazmur 20, maka akan kita temukan nilai kebenaran dimana dalam terjemahan aslinya tidak ada kata kiranya, tetapi langsung ditulis “Tuhan menjawab engkau pada waktu kesesakan.” Sebab kata “kiranya” memiliki pengertian yang sama dengan kata “mudah-mudahan atau semoga.” Dan kata mudah-mudahan atau semoga memiliki arti ketidak pastian. Selanjutnya, kata-kata yang tidak pasti akan melemahkan iman kita. Bukankah Allah yang kita sembah di dalam nama Yesus adalah Allah yang pasti menjawab doa-doa kita ? Sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan (Kisah Para Rasul 4:12), kecuali nama Yesus. Dalam bahasa Ibrani nama Yesus adalah Yesua. Dan di dalam nama Yesuslah ada 5 arti / perkara yang perlu kita pahami, terutama pada masa penuaian :

1. Keselamatan

Hanya pada Yesus ada keselamatan, dan di luar Yesus adalah kebinasaan. Segala perbuatan baik tidak akan membawa seseorang pada keselamatan namun hanya percaya kepada Yesus. Namun bukan berarti kita boleh berbuat kejahatan. Perbuatan baik merupakan buah yang harus kita hasilkan setelah percaya kepada Yesus.

2. Kebebasan

Hanya percaya kepada Yesus, maka seseorang akan dibebaskan dari segala belenggu dan kutuk dosa, termasuk dibebaskan dari sakit penyakit.

3. Pertolongan

Pada saat seseorang berada dalam suatu masalah yang kekuatannya di luar kita, maka Yesuslah yang sanggup memberikan pertolongan kepada kita. Dan pertolongan Tuhan untuk kita tidak pernah terlambat, namun tepat pada waktunya.

4. Kemenangan

Berbagai macam tantangan dan persoalan boleh datang kepada kita, tetapi percayalah bahwa kita akan keluar sebagai pemenang. Dan kemenangan itu adalah kemenangan yang gilang-gemilang, dalam pengertian yaitu kemenangan yang tidak disangkakan.

5. Kemakmuran

Dia telah bangkit dari kematian untuk memberikan kelimpahan bagi mereka yang pecaya kepadaNya. Sebab Ia datang ke dunia memberikan kelimpahan. Dan segala apa yang kita rancangkan dalam hidup ini pasti berhasil, sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: