YH

Education, Entertainment, Empowerment (Part I) PDF Print E-mail
Written by Vanny
Wednesday, 09 July 2008 07:00

Pdt. Yusak Hadisiswantoro
Workshop I SPGI 2008 (Theater 11.00-12.00)
Graha Bethany Nginden

Untuk meresponi visi tahun ini (Harvest Time), ada 3 hal yang perlu kita benahi, baik dalam diri kita sebagai hamba-hamba Tuhan, baik dalam cara kita melayani. Dalam melayani pekerjaan Tuhan kita harus terdidik, menarik, dan dengan kuasa Roh Kudus.

1. EDUCATION

Education ini berbicara tentang pendidikan. Pendidikan yang dimaksud disini, tidak hanya berbicara tentang akademis, tetapi lebih mengarah kepada penundukan diri untuk mau dididik dan dilatih. Seorang hamba Tuhan yang mau dipakai Tuhan maksimal dalam pelayanan, dia harus terdidik, memberikan waktu untuk berlatih dan memiliki pengetahuan.

Kegagalan seorang hamba Tuhan dalam pelayanan adalah ketika dia melayani tanpa membekali diri dengan pengetahuan dan latihan. Ada waktu-waktu dimana seorang hamba Tuhan harus mempersiapkan diri dengan materi-materi firman Tuhan yang baik dan benar sehingga firman yang disampaikan dapat menjawab kebutuhan jemaat Tuhan. Seorang hamba Tuhan juga harus memperhatikan waktunya untuk dididik, baik secara formal (jenjang akademis), maupun informal (pelatihan-pelatihan, seminar-seminar).

Dan ini tidak hanya berlaku bagi hamba-hamba Tuhan yang melayani penyampaian firman Tuhan. Tetapi hal ini berlaku bagi pelayan-pelayan mimbar lainnya, sebagai worship leader, worshipper, pemain music, dan semua yang melayani dalam ibadah. Mereka juga harus memberikan waktu khusus untuk berlatih, dididik, sehingga menjadi pelayan-pelayan Tuhan yang bertanggungjawab dan professional.

Dengan demikian kita akan menggenapkan firman Tuhan yang berbunyi, “ Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23)

2. ENTERTAINMENT

Entertainment berbicara tentang keindahan dalam ibadah. Hal ini adalah hal yang penting diperhatikan dalam ibadah. Keindahan itu adalah milik Tuhan. Dan Alkitab menuliskan bahwa ketika Lusifer “memberontak” terhadap Allah, dan dia dibuang dari hadapan Allah, Lusifer membawa keindahan tersebut kedalam “dunia”. Dan sejak saat itu keindahan dan “gemerlap” tersebut ada di dalam dunia dan menjadi milik dunia.

Dan sebagai pelayan-pelayan Tuhan yang melayani di mimbar, keindahan itu menjadi unsur yang penting dan harus kita “rebut” dan kita bawa untuk kembali memuji dan memuliakan nama Tuhan.

Di gereja Tuhan harus ada warna keindahan (tampilan yang indah, menarik, dan ada unsur entertain didalamnya). Dalam hal ini sebagai pelayan-pelayan Tuhan, kita perlu memperhatikan:

-Penampilan dalam melayani (melayani dengan senyum, sukacita, kerapian dan keserasian dalam berpakaian, dsb)

-Lagu-lagu yang dinaikkan bukan lagu-lagu yang “kuno”, tetapi kita harus terus mengikuti perkembangan yang ada.

– Melayanidengan atraktif.

3. EMPOWERMENT

Empowerment berbicara mengenai kuasa Roh Kudus yang menyertai pelayanan kita.

Apa yang membedakan antara tampilan-tampilan dunia dengan ibadah dalam gereja? Yang membedakannya adalah kuasa Roh Kudus. Ibadah didalam gereja haruslah ibadah yang disertai dengan kuasa Roh Kudus. Segala sesuatu harus bergantung kepada pimpinan dan kuasa Roh Kudus. Tanpa kuasa Roh Kudus, maka ibadah yang kita kerjakan di gereja menjadi ibadah yang tidak berkenan di hadapan Tuhan dan tidak akan menjadi berkat bagi Jemaat Tuhan yang kita layani.

Sebab itu, semua pelayan Tuhan, tanpa terkecuali, dia haruslah pelayan-pelayan Tuhan yang menyerahkan dirinya untuk dipimpin, disertai oleh kuasa Roh Kudus. Dengan demikian, ibadah yang kita kerjakan dalam gereja yang kita layani akan menjadi ibadah yang “berkualitas” di hadapan Tuhan, dan melalui ibadah tersebut nama Tuhan ditinggikan dan dipermuliakan. Dengan demikian kita akan menjadi pelayan-pelayan Tuhan yang meresponi akan visi yang Tuhan berikan dimana tahun ini adalah tahun penuaian jiwa.

“Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.” (Kolose 3:23)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: