YAS

Resep Mengatasi Kekuatiran PDF Print E-mail
Written by Joice Hadisiswoyo
Sunday, 25 May 2008 07:00

Pdt Yosia Abdi Saputra
Khotbah Raya II 25/05/08
Graha Bethany Nginden

Saat ini banyak umat Tuhan yang hidupnya mengalami kekuatiran akibat kondisi yang terjadi. Namun Tuhan memberikan kepada kita jalan keluar untuk mengatasi kekuatiran.

Resep mengatasi kekuatiran

1. Doa yang benar (Filipi 4:6-7)

Ketika kita berada dalam masalah janganlah hendaknya kita kuatir melainkan kita harus berdoa pada Tuhan. Sebab doa yang kita naikkan kepada Tuhan itu tidak akan sia-sia.
Selain itu kita serahkan segala kecemasan atau ketakutan kita kepada Tuhan. Selanjutnya kita harus dapat bersyukur pada Tuhan, sekalipun kita belum menerima jawaban atas doa dan tetap mengucap syukur senantiasa.

2. Pikirkan yang benar (Filipi 4:8)

Pikiran manusia merupakan tempat medan peperangan, karena itu kita harus dapat menjaga pikiran kita dengan baik dan benar. Jangan sampai pikiran kita dikuasai oleh kekuatira ataupun hal yang buruk.
Hasil riset : 92% kekuatiran manusia tidak terjadi, namun yang terjadi hanya 8%. Sehingga kekuatiran manusia sangatlah tidak mempunyai alasan. Pilihan ada pada kita, apakah kita akan memikirkan hal yang baik atau yang buruk.

3. Perbuatan yang benar (Filipi 4:9)

Dengan melakukan perbuatan yang benar maka kita akan mendapat ketenangan. Dan perbuatan yang benar disini adalah melakukan firman seperti yang telah kita dengar. Apapun yang kita lakukan hari ini jika kita berjalan dalam kebenaran maka semua tidak akan terkalahkan dan berkat ada bagi kita. Seperti yang tertulis dalam Yakobus 1:25 “Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.” Dan di Yesaya 32:17 juga dikatakan : “Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya”.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: