JP

Bagaimana Mengelola Masalah PDF Print E-mail
Written by Joice Hadisiswoyo
Thursday, 12 June 2008 07:00

Pdt Jhon Panggabean
Khotbah Doa Puasa 12/06/08
Graha Bethany Nginden

Masalah merupakan sesuatu hal yang serius. Salah seorang professor ahli jantung mengatakan bahwa ketika kita tidak dapat mengelolah masalah dengan baik maka akan menimbulkan stress. Dan jika stress dilawan akan membuat adrenalin naik, dan kalau adrenalin naik maka akan kena jantung.

Namun sebaliknya jika kita menyimpan masalah maka lambung akan terancam, yang menyebabkan tulang keropos, wajah keriput, gula darah naik lalu kena jantung. Dan problem yang sesungguhnya itu bukan terletak pada masalah yang ada melainkan bagaimana respon kita terhadap masalah tersebut yang akhirnya mempengaruhi hasil akhir masalah.

Lalu bagaimana cara mengubah masalah menjadi suatu kemenangan ?:

1. Mengucap syukur (Filipi 4:6-7)

Ada kuasa di balik ucapan syukur. Tuhan menyukai orang yang bersukur karena dengan demikian orang tersebut telah mengakui kedaulatan Tuhan serta memiliki kerendahan hati. Sebab itu kita harus berhenti dari bersungut-sungut serta melepaskan pengampunan. Dan orang yang bersungut-sungut berarti menyangkali bahwa Allah sanggup bekerja dalam segala sesuatu.

2. Miliki pola pikir bahwa masalah yang kita alami tidak akan melebihi kekuatan kita
(1 Korintus 10:13).

Masalah yang terjadi pasti sesuai dengan kemampuan kita dan Tuhan tahu seberapa besar kekuatan kita. Namun terkadang kita melihat bahwa masalah begitu besar, hal ini dikarenakan kita lebih dekat dengan masalah sehingga Tuhan kelihatan kecil. Sebaliknya jika kita lebih dekat dengan Tuhan maka kita akan melihat kebesaran Tuhan dan masalah akan terlihat kecil. Jadi sebenarnya setiap kita pasti mampu menghadapi masalah, asalkan kita mau untuk menghadapinya.

3. Merupakan alat di tangan Tuhan untuk memurnikan iman kita (1 Petrus 6:7)

Masalah yang kita alami itu tidak bersifat kekal tetapi memiliki jangka waktu. Dan masalah merupakan alat untuk memurnikan iman kita, karena dengan sebuah ujian akan membuat kita naik tingkat. Bahkan kita akan selangkah lebih maju untuk serupa dengan gambar Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: