Dr. Rubin Adi Abraham

Berdiri Kokoh Ditengah Kesulitan PDF Print E-mail
Written by Joice Hadisiswoyo
Thursday, 15 January 2009 09:59

Pdt. Rubin Adi Abraham
Ibadah Doa Malam
Graha Bethany Nginden

Dalam hidup ini banyak hal yang dialami oleh hidup manusia, termasuk tantangan dan kesulitan tetapi sebagai umat Allah kita harus dapat berdiri kokoh sekalipun kita berada dalam kesulitan.

Ada 3 hal yang membuat kita dapat berdiri kokoh dalam kesulitan:

Memiliki sikap pemenang

Dalam hidup ini persoalan merupakan hal yang wajar, namun yang paling penting dalam menghadapi persoalan itu adalah bagaimana reaksi atau cara pandang kita terhadap masalah itu sendiri. Dalam 1 Samuel 17 disana bangsa Israel tidak ada yang berani menghadapi goliat. Namun Daud memiliki keberanian dalam melawan dan mengalahkan Goliat. Dalam 1 Korintus 6:9 mengingatkan supaya kita selalu memfokuskan diri hanya kepada rencana Tuhan saja dimana Ia akan menjadikan kita lebih dari pemenang. Biarlah dalam hidup ini kita selalu melihat kesulitan sebagai suatu peluang bagi kita walau di tengah krisis sekalipun. Sebab dalam hidup ini 10% diri kita ditentukan dari apa yang kita alami namun 90% bergantung dari bagaimana respon kita pada masalah yang ada. Dan yang akhirnya menentukan akan hidup kita. Karena itu milikilah selalu sikap yang positif

Memaksimalkan kapasitas diri (2 Timotius 1:6)

Saat Tuhan menciptakan manusia, sebenarnya di dalam diri kita sudah ada potensi yang luar biasa yang Tuhan taruh dalam diri kita. Baik itu bakat yang dimiliki dari sejak lahir ataupun karunuia roh. Dan semuanya ini harus kita kembangkan. Dalam hidup ini kita menemukan adanya penemuan-penemuan yang membawa kemudahan dalam hidup manusia. Misal, pesawat terbang, lift dan sebagainya. Dalam hidup ini milikilah visi yaitu ketidakpuasan kita terhadap sesuatu dan kita berusaha untuk mewujudkannya yang diseratai dengan tindakan nyata.

Melibatkan Allah di dalam doa (Amsal 3:6)

Jangan pernah bersandar pada diri sendiri, libatkanlah Allah dalam hidup kita maka Ia akan meluruskan jalan kita. Dan doa merupakan salah satu cara bagi kita untuk melibatkan dalam hidup ini. Di dalam doa menggambarkan ketergantungan kita kepada sumber yang tidak terbatas, sehingga kuasa Allah yang tidak terbatas itu boleh turun ke atas kita, Dalam kejadian 20:12 disana dikisahkan bahwa Yakub bermimpi melihat malaikat turun naik tangga. Disini artinya saat malaikat naik berarti membawa ke atas permohonan kita, dan ketika malaikat turun berarti malaikat sedang membawa jawaban Tuhan kepada kita.

John Wesley mengatakan bahwa saat ini Tuhan tidak melakukan apapun juga selain menjawab akan doa kita. Karena itu tingkatkan saat teduh kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: