Dr. Rubin Adi Abraham

Pdt. Rubin Adi Abraham
Ibadah Raya I
Graha Bethany Nginden

Efesus 4:20-24

Kerinduan hati Bapa yaitu supaya kita meninggalkan  manusia lama kita dan mengenakan manusia baru yang dikuasai oleh kuasa Roh Kudus. Sehingga kita harus memiliki karakter Kristus.

Arti kata Kristen adalah pengikut Kristus sehingga hidup kita harus mencerminkan kehidupan Allah, dengan  memiliki  hidup yang berbeda dengan orang yang di dunia. Karakter menunjukkan sikap batin apa yang ada di dalam yang mempengaruhi tingkah laku kita (diluar). Karakter menunjukkan sikap kita yang sesungguhnya, dan berbicara mengenai perkara kekal. Karakter terbentuk melalui kebiasaan yang berulang-ulang. Dan dalam hidup ini sebelum Tuhan memakai diri kita maka terlebih dahulu Ia akan menyiapkan karakter kita.

Sarana Pembentukkan

1. Kuasa Roh Kudus (2 Korintus 3:18), pribadi yang memampukan kita mematikan kedagingan untuk memunculkan buah-buah Roh. Dan hanya oleh karena kita mengandalkan kuasa Roh Kudus, maka kita akan mampu.

** Hidup yang dikuasai Roh Kudus

a)   Hidup dalam Firman (2 Timotius 3:15-17), Firman Tuhan dapat mengubah hidup kita sebab FirmanNya dapat mengendalikan hidup kita. Karena itu bacalah, renungkan firman Tuhan supaya kita selalu teguh.

–Perbaharui akal budi (Roma 2:12), izinkan  Roh Kudus mengubah hidup kita supaya kita menjadi indah.

b)   Doa (Yakobus 4:8) ketika kita dekat dengan Allah maka kita akan menjadi serupa dengan Dia dan dosa akan menjauh.

2. Keadaan, terkadang melalui hal yang tidak menyenangkan dapat membentuk karakter kita. Segala peristiwa yang terjadi selalu diizinkan oleh Bapa untuk mendatangkan kebaikkan bagi kita (Roma 8:28-29). Keadaan, kesulitan bahkan di saat krisis pun  dapat memproses diri kita.

3 Orang (Amsal 27:17), Waktu kita berinteraksi dengan orang yang menyebalkan maka kita dapat memilih untuk mentaati Firman (sabar, mengampuni) atau kita memberikan respon negatif. Seseorang dapat mengembangkan karunianya sendirian, namun untuk mengembangkan karakter diperlukan waktu dan selalu berhubungan dengan orang lain. Dan orang yang membentuk karakter kita itu bukanlah orang yang jauh dari kita melainkan orang yang dekat kita (pasangan hidup, rekan sepelayanan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: