Dr. Jusuf Roni

Persiapkan Generasi Penerus Bangsa Indonesia PDF Print E-mail
Written by Vanny
Wednesday, 09 July 2008 07:00

Pdt. Jusuf Roni
Session I SPGI 2008 (Main Auditorium 08.15-09.30)
Graha Bethany Nginden

Yesaya 60 : 1 – 22

Dalam ayat yang pertama, ada 3 kata kunci utama.

1. Bangkit dalam bahasa Ibrani bangkit berarti berdiri, bergerak. Jadi yang dimaksudkan bangkit disini adalah tidak hanya sekedar bangkit tetapi juga harus bergerak. Kegerakan tersebut penting karena Roh Kudus juga selalu bergerak.

2. Terang mengacu pada satu Pribadi yaitu Yesus Kristus, yaitu Terang yang memberi kekuatan.

3. Terangmu datang Kerajaan Surga

– Dalam ayat 2 dan 3 terdapat harapan-harapan dan nubuatan.

– Dalam ayat 4 Tuhan punya rencana untuk setiap kita. Salah satunya adalah rencana Tuhan dengan menempatkan kita di bangsa Indonesia. Dia pasti punya rencana yang indah.

– Dalam ayat 5 dan 7 menunjukkan adanya kegerakan. Harus ada kemauan yang kuat untuk dapat mengikuti kegerakan tersebut.

– Ketika kita bekerja diladang Tuhan & mengikuti kegerakan yang sedang terjadi, akan membuat kita ‘tercengang-cengang’ akan perbuatan Kristus, banyak mujizat terjadi.

– Dalam pekerjaan Tuhan jangan ambil bagian yang kita mampu lakukan karena dengan demikian tidak ada waktu bagi Tuhan untuk mendemonstrasikan kuasaNya bagi kita. Jadi ambillah bagian yang mustahil untuk kita lakukan dan kita akan melihat perbuatan Tuhan yang luar biasa yang dinyatakanNya pada kita. (Inilah maksud dari Nabi Yesaya dalam bekerja di ladang Tuhan akan membuat kita heran melihat, berseri-seri, tercengang-cengang, dan berbesar hati -ayat5- ).

“ Pada waktu itu engkau akan heran melihat dan berseri-seri, engkau akan tercengan dan akan berbesar hati, sebab kelimpahan dari seberang laut akan beralih kepadamu, dan kekayaan bangsa-bangsa akan datang kepadamu. “ (Yesaya 60:5)

– Dalam ayat 7 dikatakan “… akan tersedia untuk ibadahmu;… “ tersedia disini diartikan juga: datang, melayani.

– Ayat 8, “ Siapakah mereka ini yang melayang seperti awan dan seperti burung merpati ke pintu kandangnya?” “burung merpati” berarti Roh Kudus dan “kandangnya” berarti gereja yang percaya atau yang mengandalkan urapan dan kekuatan Roh Kudus. Jadi gereja yang mengandalkan kekuatan Roh Kudus itulah yang akan digerakanNya.

– Ayat 11, “Pintu-pintu gerbang bagimu akan terbuka senantiasa, … “ arti: pintu-pintu yang tadinya tertutup rapat, terbelenggu, akan terbuka lebar-lebar bagi kita.

– Dalam ayat 15-17 berisi berkat, kelimpahan, serta penuaian yang dijanjikan. Terjadi adanya perubahan. Jika dahulu dibenci, sekarang akan menjadi kesayangan dan hal ini dimulai dari SPGI saat ini.

– Dalam ayat terakhir, ayat 22 dikatakan bahwa yang paling kecil akan menjadi kaum yang besar, dan yang paling lemah akan menjadi bangsa yang paling kuat dan TUHAN akan melaksanakannya dengan segera pada waktunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: