BP

Kehidupan dan Karakter adalah Kesaksian Terbesar (Part I) PDF Print E-mail
Written by Jeane
Thursday, 10 July 2008 07:00

Rev. Bart Pierce
Workshop III SPGI 2008 (Banquet A 11.00-12.00)
Graha Bethany Nginden

Kejadian 4

Kainlah yang mendirikan kota yang pertama. Peternakan, industri, seni, dll ini ada dikarenakan Kain yang memulainya.

Kejadian 4 : 16 – 22

Penjelasan :

Ay. 16 ( Menjelaskan tentang Kain yang pergi ke luar dari hadapan / hadirat TUHAN )

Ay. 20 ( Adanya sumber peternakan )

Ay. 21 ( Adanya musik )

Ay. 22 (Adanya perkembangan industri dari tembaga & besi, seperti persenjataan, bajak, dll )

Perjalanan kita dimulai dari TUHAN YESUS ( Adam yang kedua ) yang sudah memberi kunci kerajaan bagi kita. TUHAN YESUS sudah memanggil kita untuk menjadi orang-orang yang memulihkan, membangun kediaman bagi-NYA. Hal ini dikarenakan adanya kota pertama kali yang dibangun oleh Kain yang berada di luar hadapan TUHAN (Kej 4:16). Maka dari itu, TUHAN YESUS memanggil kita untuk memulihkan, membetulkan, membenahi kota / negara di mana kita tinggal, supaya kota / negara tersebut kembali ke dalam hadirat TUHAN. Selain itu, kita juga dipanggil untuk memecahkan / membereskan semua masalah yang ada di kota / negara kita.

Sama halnya dengan panggilan TUHAN, pada waktu kita bekerja, maka kita akan melakukan semua pekerjaan tersebut untuk menyelesaikan masalah bukan membuat masalah. Pada saat kita memecahkan masalah, maka iman kita akan menjadi aktif. Apabila pola pikir kita tentang pekerjaan itu benar, maka kita akan bekerja dengan sepenuh hati.

Menurut Paulus, kita ( anak-anak TUHAN ) adalah surat terbuka yang dibaca orang lain. Maksudnya, semua hal yang kita lakukan itu dilihat dan dinilai orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai orang Kristen harus bisa menjadi dampak serta teladan bagi orang lain. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara melakukan segala sesuatunya sesuai dengan yang TUHAN YESUS lakukan. Pada saat kita sendirian ataupun bersama orang lain, maka semua perbuatan dan perkataan kita itu harus mencerminkan YESUS, sehingga semua orang dapat melihat bahwa TUHAN YESUS ada di dalam diri kita. Selain itu, pada waktu TUHAN YESUS ada dalam diri kita, maka DIA akan membuat kita menjadi berbeda dengan orang lain yang belum mengenal-NYA.

Misalnya, pada waktu TUHAN YESUS (saat menjadi manusia) dihina, dipukul, dll, DIA diam saja bahkan mengampuni mereka. Hal ini membuktikan bahwa TUHAN YESUS tidak membalas kejahatan dengan kejahatan. Apabila kita melakukan seperti yang TUHAN YESUS lakukan, maka semua orang akan mengetahui bahwa ada sesuatu yang berbeda antara kita dengan orang lain. Oleh karena itu, semua orang yang sudah ketemu dan menerima TUHAN YESUS, maka kehidupan mereka pasti akan berubah.

Contohnya, mereka yang dulunya pemarah, tidak jujur, dll, sekarang mereka sudah menjadi anak yang penuh dengan kasih, jujur, dll. Pada saat hidup kita tidak benar di hadapan TUHAN (tidak jujur, pemarah, dll), maka TUHAN tidak akan memakai kita dan orang lainpun tidak akan suka dengan kita. TUHAN adalah BAPA kita. Oleh karena itu, semua yang BAPA perbuat / katakan itulah yang juga kita lakukan / katakan. Hal ini dikarenakan kita sebagai anak TUHAN selalu mengikuti kebiasaan BAPAnya. Seperti halnya TUHAN YESUS yang juga mengikuti BAPANYA. Oleh karena itu, kehidupan kita harus menjadi saksi dan memuliakan nama TUHAN. Hal ini disebabkan karena kita sebagai orang Kristen harus mencerminkan TUHAN YESUS yang ada dalam diri kita. Akibatnya, semua orang dapat melihat bahwa TUHAN YESUS ada di dalam diri kita.

KESIMPULAN :

~ TUHAN YESUS memanggil kita untuk memulihkan, membetulkan, membenahi kota / negara di mana kita tinggal, supaya kota / negara tersebut kembali ke dalam hadirat TUHAN. Selain itu, kita juga dipanggil untuk memecahkan / membereskan semua masalah yang ada di kota / negara kita.

~ Kita (anak-anak TUHAN) adalah surat terbuka yang dibaca orang lain. Maksudnya, semua hal yang kita lakukan itu dilihat dan dinilai orang lain. Oleh karena itu, kita sebagai orang Kristen harus bisa menjadi dampak serta teladan bagi orang lain, serta mencerminkan TUHAN YESUS yang ada dalam diri kita. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara melakukan segala sesuatunya sesuai dengan yang TUHAN YESUS lakukan.

~ Semua orang yang sudah ketemu dan menerima TUHAN YESUS, maka kehidupan mereka pasti akan berubah (dari kehidupan yang tidak baik menjadi kehidupan baik). Hal ini dikarenakan TUHAN YESUS beserta kita, sehingga kita berbeda dengan semua orang yang belum mengenalNya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: