AC

Power, Sex, And Money PDF Print E-mail
Written by Joice Hadisiswoyo
Monday, 09 June 2008 07:00

Pdt Anthony Chang
Khotbah Raya IV 08/06/08
Graha Bethany Nginden

Dalam hidup ini ada 3 hal yang terpenting dalam hidup manusia :

1. Power

2. Sex

3. Money

** Power (Kejadian 1:26-28)

Kuasa merupakan pemberian Tuhan yang diberikan kepada manusia. Karena manusia merupakan ciptaan Alah yang paling mulia dimana manusia diciptakan serupa dengan gambar Allah. Sehingga manusia juga merefleksikan sifat-sifat Allah. Bahkan manusia juga memiliki kuasa atas apa yang ada di bumi. Namun terkadang sebagai manusia kita menyalah gunakan kuasa yang diberi oleh Tuhan misal saat manusia menyembah binatang. Dan  saat manusia belum siap dalam menerima power (kuasa) dari Allah dengan baik maka kuasa dapat menghancurkan orang lain.

Contoh : Ketika seorang suami tidak bekerja, sedangkan yang bekerja hanya istrinya. Apalagi istrinya mempunyai sifat dominan diantara keluarganya, maka lama-kelamaan dapat menimbulkan hal yang tidak baik. Misalnya, suami tidak disegani maupun dihormati lagi karena dianggap lemah.

Dalam firman Tuhan juga menunjukkan contoh-contoh mengenai soal kuasa, terutama yang diawali dari Hawa. Dimana ia ingin menjadi sama dengan Allah, tetapi akibatnya justru manusia mengalami kehancuran. Yang berikutnya yaitu saat rakyat Israel berkata bahwa Saul hanya dapat mengalahkan musuh beribu-ribu, sedangkan Daud dapat membunuh berlaksa-laksa maka Saul ingin berusaha membunuhnya sebab ia merasa kedudukannya terancam oleh Daud. Sedangkan dalam Perjanjian Baru; orang farisi, imam-iman, ahli-ahli taurat saat merasa terancam karena kehadiran Yesus. Mereka melihat bahwa Yesus lebih berkuasa, maka mereka berusaha untuk menyalibkan Yesus.

Dari beberapa contoh diatas, kita dapat memetik suatu pelajaran yaitu supaya kita berhati-hati ketika kita menerima suatu jabatan. Jangan sampai kita menyalahgunakan suatu power atau kuasa yang kita terima.

** Sex (1 Korintus 6:12-13; 18-20)

Sex merupakan salah satu pemberian Allah untuk manusia, namun sayangnya dalam hidup ini terjadi peyimpangan sehingga dapat menimbulkan kejahatan. Dalam firman Tuhan diawali dari jaman Lot, dimana anak perempuannya bersetubuh dengan Lot. Kemudian pada jaman Daud dimana saat ia menginginkan Batsyeba maka ia membunuh Uria.

Bahkan sampai saat ini pun masih terjadi penyimpangan-penyimpangan seksual yang dapat mengakibatkan keluarga hancur. Contoh kasus : Dalam sebuah rumah tangga saat terjadi perselingkuhan akan membuat kehancuran dalam keluarga. Contoh lain Anak-anak muda yang jatuh dalam dosa sexual sebelum mereka resmi menikah akan membuat hal yang tidak baik. Dalam firman Tuhan ada contoh yaitu Simson dan Delila. Oleh sebab dalam hidup ini kita harus berhati-hati dan penuh dengan hikmat. Jangan pernah menyalahgunakan pemberian Tuhan.

** Money (1 Timotius 6:6-10)

Setiap manusia pasti memiliki keinginan menjadi kaya. Namun jika kekayaannya tidak didasari takut akan Tuhan, maka akan menjadi kejahatan yang serius. Bahkan dalam mencari uang pun akan menghalalkan segala cara. Dalam hidup ini ada beberapa penyimpangan yang terjadi dengan harta atau uang. Misalnya, terjadinya korupsi. Dalam firman Tuhan kita melihat bahwa Yudas Iskariot menjual Yesus hanya dengan 30 keping uang perak, meskipun pada akhirnya ia menyesal. Untuk itu perlu kita ketahui bahwa manusia tidak akan puas dengan uang, dengan demikian kita harus belajar mensyukuri setiap berkat yang kita terima; berapapun besar jumlahnya.

Melalui beberapa penjelasan di atas marilah kita belajar menikmati power, sex dan money dengan konteks yang benar sesuai dengan anugerah yang Tuhan beri bagi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: